Profil PPDH

Ma’had Tahfizh Darul Huffaz dideklarasikan pada tahun 1998 di Desa Bernung, Kecamatan Gedong Tataan, Kab Pesawaran Lampung diatas tanah seluas + 3 hektar. Setelah 5 tahun, komplek Darul Huffaz bertambah luas hingga mencapai + 9 hektar. Ma’had Tahfizh Darul Huffaz didirikan oleh KH. Nursalam Abdul Muthalib al-Hafiz dengan akte notaris .

Gagasan mendirikan Ma’had Tahfizh Darul Huffaz mulanya hanya untuk mendidik anak-anak sendiri yang berjumlah 7 orang untuk menjadi para penghafal Al-Quran. Namun melalui proses kreatif dalam berinteraksi dengan tokoh-tokoh masyarakat, masyarakat sekitar dan para donatur dari negeri jiran, Ma’had Tahfizh Darul Huffaz kini menjelma menjadi lembaga pendidikan untuk menghafal Al-Quran dan pendidikan umum. Ide dasar yang menjiwai pendiri Darul Huffaz adalah keinginan kuat untuk membuktikan kebenaran kalam Allah Swt. bahwa semua kita bisa menghafal Al-Quran, mampu menghafal Al-Quran serta keinginan kuat untuk menghilangkan phobia terhadap penghafal Al-Quran.

Firman Allah Swt.:

 “Dan sungguh telah kami mudahkan Al-Quran untuk peringatan, maka adakah orang-orang yang mengambil peringatan?” 

Berdasarkan pemahaman ayat tersebut, melalui proses kreatif yang dilakukan oleh pendiri Ma’had Tahfizh Darul Huffaz yang meng-integrasikan antara pendidikan Al-Quran dan pendidikan umum, Darul Huffaz telah banyak melahirkan para Huffaz Al-Quran (penghafal Al-Quran) yang menyebar di berbagai daerah dan mampu melanjutkan pendidikan baik didalam maupun diluar negeri.

Setelah seperempat perjalanan Darul Huffaz yang berorientasi pada pendidikan mempelajari dan menghafal Al-Quran, kini Darul Huffaz telah mengembangkan pendidikannya dengan membuka pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Integrasi pendidikan umum dengan Al-Quran adalah salah satu tujuan utama lahirnya tiga jenjang pendidikan umum tersebut. Lahirnya generasi yang mampu meng-implementasikan nilai-nilai Al-Quran dalam setiap gerak kerja dengan mengacu pada nilai-nilai profesionalisme dalam Al-Quran adalah tujuan lain dari adanya integrasi pendidikan tahfizh Al-Quran dan pendidikan umum di Darul Huffaz.