Proses Akreditasi MI Darul Huffaz Berjalan Lancar

Proses Akreditasi MI Darul Huffaz Berjalan Lancar

Sejak berdiri dan keluarnya izin operasional Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pondok Pesantren Darul Huffaz pada November 2012, pembangunan dan pengembangan manajemen pendidikan ke-madrasah-an selalu dibangun dan dikembangkan. Hingga saat proses akreditasi oleh Badan Akreditasi Negara Sekolah/Madrasah (BAN S/M) yang akhirnya dilaksanakan pada Senin 27 Agustus 2018.

Proses ini dilaksanakan berdasarkan Kriteria Minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Republik Indonesia. Mutu Pendidikan tersebut mengacu pada standar yang telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Hasil Akreditasi MI yang mengacu pada SNP, akan memberikan informasi tentang standar kelayakan Program Madrasah Ibtidaiyah, peringkat kelayakan, memetakan mutu pendidikan dan memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan (stakeholder) sebagai bentuk akuntabilitas publik.

Menurut ketua pelaksana Akreditasi MI, Bapak Aan Setiawan, S.Kom. persiapan tim ini sudah sejak Agustus 2017. Proses panjang persiapan yang sangat menantang dan bermakna ini semoga membuahkan hasil yang maksimal. Menurutnya tujuan utama tim ini adalah dalam rangka peningkatan kinerja, bukan hanya sekedar predikat nilai. Hasil kerja tim membuktikan kapasitas manajemen Madrasah Ibtidaiyyah mampu bersaing dan mengikuti kegiatan akademik dan non akademik Kelompok Kerja Madrasah (KKM), Kabupaten, dan Provinsi. Beliau juga berterima kasih atas dukungan semua pihak yang membantu.

Seremonial Pembukaan Akreditasi Madrasah Ibtidaiyah

Proses Akreditasi berjalan sangat baik. Tim Akreditasi sangat senang mendapatkan kesempatan dan pengalaman yang luar biasa. Dalam pelaksanaannya akreditasi Madrasah Ibtidaiyahbersama dengan tim Assesor Ferismayanti, M.Pd. dan DR. Marlina.

Berdasarkan wawancara kami dengan kepala madrasah Ibtidaiyah, Bapak Subhan M.Pd menyampaikan bahwa akreditasi dan madrasah adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pengakuan sebuah lembaga pendidikan melalui Akreditasi adalah bagian dari pencapaian terbaik sebuah madrasah dan untuk mencapai itu, bukan kerja kepala madrasah melainkan kerja seluruh stakeholder madrasah sekaligus yayasan tempat mereka  dan madrasah bernaung. Akreditasi juga sebagai ekspresi kerja tim yang diwujudkan dalam pencapaian yang maksimal.

Semoga ini awal yang baik dan sebagai momentum yang bisa menjadikan pondok pesantren Darul Huffaz lebih baik. Apapun nilai akreditasi yang diperoleh, tidak dijadikan sebuah tujuan akan tetapi proses perbaikan dan peningkatan kualitas Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Darul Huffaz.